DAMPAK MEROKOK TERHADAP KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Merokok juga dapat menyebabkan peradangan pada jaringan gusi atau periodontitis. Periodontitis itu ditandai dengan rasa sakit ketika mengunyah, gusi keluar cairan, dan linu saat dipakai. Berbagai zat yang terkandung dalam rokok juga dapat menyebabkan efek inflamasi pada mulut sehingga dapat menimbulkan iritasi pada mukosa mulut. Berbagai masalah gigi dan mulut tersebut seperti karies, peradangan, dan infeksi juga dapat mengakibatkan gigi menjadi goyang. Penumpukan zat-zat kimia dari rokok juga dapat menyebabkan mutasi DNA yang lama-lama dapat menjadi kanker mulut. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, harus rajin membersihkan gigi, rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, dan jika ada masalah pada gigi segera ke dokter gigi dan mengurangi penggunaan rokok.

Dampaknya Bagi Kesehatan Mulut

Merokok dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit gusi. Tergantung jumlah dan lamanya merokok, para perokok berisiko mengalami masalah-masalah berikut ini :

1. Kanker Mulut

Kanker mulut adalah peradangan mulut yang disertai luka. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh rusaknya sel yang ada di dalam mulut. Tahukah Anda kalau penyebab sel rusak adalah kebiasaan Anda merokok? Jika tidak ini penjelasannya.

Rokok mengandung zat nikotin yang bisa bekerja sebagai racun atau detox. Racun ini akan menyerang mulut sehingga mulut kehilangan filterisasinya dan sel kanker pun menjadi radikal.

2. Luka pada Gusi dan Gigi

Jika Anda baru mengalami pencabutan gigi, seharusnya lokasi pencabutan harus steril dari zat-zat berbahaya termasuk. Tetapi sayang, masih banyak orang tidak tahu, kalau rokok salah satu benda yang terlarang untuk dihisap pada saat kondisi gigi seperti itu. Karena zat nikotin bisa masuk ke dalamnya. Akibatnya luka akibat pencabutan tidak kunjung sembuh.

3. Penyakit Oral Leukoplakia

Penyakit ini dikenal dengan istilah pra kanker mulut. Gejalanya adalah luka dan bintik merah di daerah mukosa oral yang apabila disentuh terasa panas dan gatal. Menurut ahli, penyakit ini juga disebabkan oleh keseringan gonta ganti rokok yang mengakibatkan bakteri menyerang jaringan lunak mulut dari segala sisi.

4. Radang Kelenjar Ludah

Ludah yang terinfeksi bakteri bukan hanya menimbulkan bau tidak sedap tetapi juga bisa menimbulkan masalah pada kelenjar ludah. Salah satu masalahnya adalah radang kelenjar ludah. Maka dari itu, jauhi apapun yang menyebabkan bakteri masuk ke dalam ludah. Temasuk menjauhi sejauh jauhnya aktifitas merokok.

5. Penumpukan plak dan terbentuknya karang gigi

Bahaya merokok bagi kesehatan mulut yang paling umum adalah penumpukan plak di gigi. Ini terjadi akibat kandungan nikotin dan tar pada tembakau bisa menempel pada gigi dan menyebabkan gigi menjadi terlihat kuning. Seiring berjalannya waktu, plak akan mengeras dan membentuk karang gigi.

Jadi Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum melakukan perawatan.

Make Appointment Now!