Hindari peradangan PULPITIS terjadi di Gigimu Kenali Gejala, Penyebab, dan Pengobatanya !

PULPITIS adalah peradangan pada pulpa gigi yaitu saluran akar yang berisi saraf dan pembuluh darah. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa sakit gigi yang parah, Bau mulut, dan rasa nyeri pada saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis, dingin, dan panas.

Gigi memiliki beberapa lapisan antar lain terdiri dari :

1. ENAMEL atau lapisan luar

2. DENTIN atau lapisan tengah

3. PULPA saluran akar gigi

Normalnya, enamel dan dentin berfungsi untuk melindungi pulpa dari terjadinya infeksi.

• Penyebab terjadinya PULPITIS

Yaitu kerusakan pada Enamel gigi dan Dentin sehingga bakteri dapat masuk kedalam akar gigi yang kemudian menginfeksi dan menyebabkan peradangan. Kerusakan pada enamel dan dentin juga dapat terjadi karena beberapa penyakit atau kondisi berikut :

1. Gigi berlubang

2. Cedera pada gigi

3. Gigi patah

4. Kebiasaan mengesekan gigi atas dan bawah atau BRUXISM

• Faktor resiko Pulpitis

Ada beberapa faktor kondisi yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami pulpitis adalah :

1. Kebersihan mulut yang tidak terjaga

2. Konsumsi makanan dan minuman yang manis

3. Diabetes

• Gejala pulpitis

Pulpitis juga memiliki beberapa gejala yang bervariasi, tergantung pada jenisnya adalah :

• Pulpitis reversibel

Merupakan peradangan pulpa tahap awal yang tergolong ringan, dan penangananya dapat dilakukan dengan melakukan pengikisan gigi yang rusak atau tambal.

• Pulptis ireversibel

Merupakan peradangan pulpa dengan tahap parah dengan cara pengatasanya yaitu dengan melakukan perawatan saluran akar atau PSA.

Kapan harus ke dokter ?

Segera ke dokter jika gigi terasa sakit atau menjadi sensitif baik ketika mengunyah atau pun tidak.

• Diagnosis pulpitis

Biasanya dokter akan menanyakan mengenai gejala awal, dari riwayat kesehatan pasien, dan kemudian akan melakukan pemeriksaan gigi dengan menyemprotkan air atau mengetuk gigi yang bermasalah dengan menggunakan alat khusus.

• Pencegan pulpitis

Cara utama untuk mencegah terjadinya pulpitis adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan antar lain :

1. Sikat gigi teratur 2 X sehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur

2. Batasi konsumsi makanan dan minuman yang manis

3. Melakulan pemeriksaan rutin ke dokter gigi yaitu 6 bulan sekali.

Dental Police merupakan salah satu klinik gigi terbaik di kota medan yang sudah menggunkan High-Tech serta ditangani langsung oleh dokter ahli yang berkompeten di bidangnya.