Infeksi Akar Gigi Kenali Penyebab, Gejala, dan Penangananya

Infeksi akar gigi merupakan bentuk komplikasi dari gigi berlubang. Kondisi ini sering terjadi ketika infeksi bakteri masuk sampai kebagian dalam akar gigi, mengingat pada bagian ini terdapat pembuluh darah dan saraf gigi. Maka masalah pada akar gigi perlu ditangani dengan tepat agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah lainya.

Permasalahan pada akar gigi biasanya dikeluhkan dengan rasa denyut yang timbul, efeknya dapat membuat sipenderita menjadi terganggu terutama dalam melakukan aktivitas.

Penanganan masalah pada akar gigi sangatlah beragam, mulai dari perawatan saluran akar, hingga pencabutan gigi. Berbagai upaya penanganan tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran infeksi ke area sekitarnya, seperti gusi, hingga gigi yang lain.

Penyebab permasalahan pada akar gigi

Biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri gigi yang tidak langsung dilakukan penanganan sehingga bakteri tersebut menyebar dan berkembang dan merusak bagian yang lebih dalam, yakni akar gigi. Kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa hal seperti :

• Mengkonsumsi makanan dan minuman manis

• Kurangnya menjaga Kebersihan gigi

• Kurangnya asupan cairan

• Kekurangan Fluoride

Akar gigi yang bermasalah biasanya menimbulkan rasa nyeri sampai pembengkakan di area wajah atau pipi, pada kondisi tersebut perlu dilakukanya pemeriksaan dan beberapa gejala lainya adalah.

Berikut gejala yang dapat ditimbulkan akibat permasalahan pada akar gig adalah :

• Sakit gigi yang menggangu dan sudah terjadi beberapa hari

• Nyeri saat menguyah atau menggigit makanan

• Gigi sensitif dan terasa ngilu

• Pembengkakan di area gusi, wajah

• Bau mulut

• Permukaan gigi terdapat titik warna yakni coklat dan hitam

Penanganan akar gigi

Akar gigi yang bermasalah dapat ditangani dengan beberapa upaya, tergantung pada tingkat keparahan yang terjadi. Permasalahan pada akar gigi untuk tahap awal biasanya dapat diatasi dengan melakukan perawatan saluran akar PSA atau Root Canal Treatment.

Pada permasalahan yang lebih parah diperlukan penanganan pencabutan gigi yang di mana hal tersebut dilakukan apabila tidak dapat dilakukanya penangan lain guna mencegah terjadinya penyebaran infeksi ke bagian lainya.

Penerapan yang dapat dilakukan guna pencegahan permasalahan pada akar gigi adalah :

• Menyikat gigi 2 kali sehari yakni pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur

• Menggunakan Dental floss

• Menggunakan pasta gigi yang mengandung Fluoride

• Mengkonsumsi air putih yakni 2 liter atau 8 gelas berukuran 230ml per hari

• Menghindari makanan atau minuman yang terlalu manis

• Rutin memeriksakan kondisi kesehtan gigi dan mulut setiap 6 bulan sekali

Jika anda mengalami beberapa gejala seperti yang di jelaskan di atas sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi guna mendapatkan penanganan yang tepat untuk mencegah terjadinya permasalahan pada gigi anda.

Dental Police merupakan salah satu klinik terbaik di kota medan dengan penanganan yang baik, penggunakan alat yang High-Tech, serta ditangani oleh dokter yang berkompeten di bidangnya.