Ketahui Penanganan mengatasi Abses pada Gigi

Rasa sakit yang kamu alami mungkin bukan sakit gigi biasa, kemungkinan sakit yang dialami karena adanya abses gigi. Coba kamu perhatikan, apakah rasa sakit yang di alami terasa dan menyebar sampai ke telinga, rahang, bahkan leher, terutama pada saat mengunyah makanan dan diserta wajah dan gusi bengkak.

Abses gigi merupakan kantong nanah yang terdapat pada gusi pada mulut akibat dari infeksi bakteri. Hal tersebut terjadi dikarenakan buruknya ketelatenan seseorang dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.

Abses gigi dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

• Abses Periapikal adalah abses yang muncul di gusi sekitaran luar jaringan akar gigi

• Abses Periodontal adalah abses yang muncul pada gusi disebelah akar gigi dan bisa menyebar ke jaringan dan tulang sekitarnya

• Abses Gingiva adalah abses yang terjadi hanya pada jaringan gusi dan tidak terdampak pada gigi atau gusi

Penyebab dan Faktor risiko abses gigi

Abses gigi terjadi karena berkembangnya bakteri di rongga mulut. Bakteri bisa masuk ke dalam gigi melalui lubang atau retakan pada gigi yang kemudian akan meradang dan menyebabkan pembengkakan pada gusi.

Infeksi bakteri ini akan lebih rentan terjadi apabila pada seseorang mengalami kondisi dibawah ini :

• Gigi yang kurang bersih

• Makanan tinggi gula

• Mulut kering

Adapun gejala abses gigi adalah :

Gejala utama dari abses gigi adalah munculnya rasa sakit di gigi atau gusi yang bisa datang secara tiba-tiba, dan bahkan dapat semakin memburuk.

Berikut gejala apada umnya yang sering terjadi adalah :

• Gusi bengkak

• Rasa sakit saat mengunyah atau menggigit

• Sensitif pada makanan yang panas atau dingin

• Bau mulut

• Pembengkakn pada area wajah

Kapan harus ke dokter gigi ?

Dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar tidak menjadi semakin parah jika megalami keluhan ataupun gejala seperti yang dijelaskan di atas. Pada umumnya rutin pemeriksaan dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Diagnosis abses gigi

Pada awal pemeriksaan, biasanya dokter akan menanyakan mengenai keluhan dan gejala yang dirasakan, serta dilakukan pemeriksaan fisik dengan cara mengetuk gigi pasien yang bertujuan untuk mengetahui apakah gigi sensitif terhadap sentuhan atau tekanan. Seperti yang biasanya terjadi pada penderita abses gigi, dimana selanjutnya dokter juga akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti :

• Foto Rontgen gigi

• CT Scan

Pengobatan abses gigi adalah :

• Pengeluaran nanah

• Pemberian obat antibiotik

• Perawatan saluran akar atau PSA

• Cabut gigi

Pencegahan yang dapat di lakukan adalah :

• Menyikat gigi secara teratur pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur dengan pasta gigi mengandung fluoride

• Menggunakan dental floss atau benang gigi guna membersihkan sela terdalam pada gigi

• Rutin mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali

• Rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali

Dental police https://www.dentalpolice.com/merupakan salah satu klinik gigi terbaik di kota medan yang sudah menggunakan peralatan yang Hight-Tech serta di tagani oleh dokter ahli  yang berkompeten di bidangnya.