top of page
Search
Writer's picturedental police

MENGAPA GIGI GERAHAM BISA HITAM-HITAM BEGINI?


Gigi Geraham menghitam ialah kondisi yang terjadi ketika warna gigi berubah menjadi gelap dan menghitam, dimana kondisi ini merupakan dampak dari kebersihan dan kesehatan gigi yang tidak terjaga dengan baik, salah satu penyebabnya ialah gigi berlubang. gigi berlubang ialah kondisi dimana gigi mengalami kerusakan yang mengikis bagian luar (email) hingga bagian dalam gigi (dentin) sampai membentuk lubang. gigi berlubang ini disebabkan oleh adanya plak pada mulut, plak berasal dari sisa makan yang mengandung gula yang kemudia diubah oleh bakteri alami dalam mulut menjadi asam, kombinasi antara bakteri, asam, sisa makanan yang ada dimulut dan air liur akan membentuk plak yang melekat pada gigi, asam yang terdapat dalam plak secara perlahan mengikis lapisan-lapusan gigi hingga membentuk lubang.


Penyebab noda hitam tersebut yakni:

  1. Kerusakan gigi atau rongga

  2. Cedera pada gigi yang terkena

  3. Penumpukan karang gigi

  4. Noda akibat keseringan konsumsi minuman seperti teh, kopi soda atau rokok, dan tembakau

  5. Perubahan warna akibat pemakaian antibiotik utamanya tetrasiklin

  6. Flurosis yakni kelebihan asupan fluoride

  7. Penyakit celiac


Penanganan gigi berlubang/menghitam ialah dengan menemui dokter gigi secara langsung yang akan dilakukan pemeriksaan pada gigi tersebut, jika kerusakan gigi tidak parah akan dilakukan perawatan gigi dan ditambal, namun jika kerusakan parah, lubang sudah besar maka perlunya di cabut. namun sebelum di lakukan tindakan umumnya disembuhkan dulu rasa sakit yang anda alami dengan konsumsi obat antinyeri yang diberikan dokter dan beberapa dokter juga bisa memberikan antibiotik tergantung kondisi sakit gigi anda alami, untuk lebih lanjut anda ke dokter gigi secara langsung saja agar ditangani dengan tepat. dirumah sebaiknya anda menjaga kebersihan gigi dengan cara menyikat gigi dengan pasta gigi berflouride, membersihkan sela-sela gigi, membersihkan lidah serta melakukan kumur-kumur dan konsusmi air putih 2 liter sehari, batasi makanan manis-manis, hindari makanan menyangkut pada lubang, hindari mencongkel lubang.

Anda memang bisa melakukan pertolongan pertama di rumah. Namun demikian, ada baiknya segera kunjungi Dental Police Clinic untuk penanganan yang sesuai. Jika kamu mengalami ciri-ciri yang diatas segera lakukan konsultasi ke DENTAL POLICE agar dapat ditangani segera !


Make Appointment Now!



6 views0 comments

Comments


bottom of page