top of page
Search
Writer's picturedental police

Pentingnya menjaga kesehatan Gigi dan mulut pada Lansia



Coba perhatikan gigi kakek atau nenek yang sudah lansia ?

kebanyakan dari mereka sudah mengalami kehilangan gigi sebagian, bahkan seluruhnya, hal tersebut merupakan hal wajar, sebab di usia 60 tahun atau lebih permasalahan gigi sangat rentan menyerang dikarenakan beberapa hal yaitu :


  • Kurang memperhatikan kebersihan gigi dan mulut

  • Kebiasaan yang dapat merusak gigi

  • Kurangnya asupan kalsium dan vitamin

 

Masalah kesehatan gigi pada lansia atau individu yang berusia 60 tahun ke atas sering kali mengabaikan mengenai kesehatan gigi dan mulut, padahal gigi memiliki peran yang sangat penting dalam beberapa ktivitas hidup seseorang terutama dalam hal mengunyah atau memakan maknan.

 

  • Fungsi pengunyahan

Gigi memiliki peran penting dalam pengunyahan makanan. Kehilangan gigi atau kerusakan gigi dapat membuat pengunyahan menjadi sulit, yang akhirnya dapat mempengaruhi pencernaan dan asupan gizi lansia

 

  • Kesehata mulut dan kesehatan umum

Kesehatan yang tidak baik dapat berdampak buruk pada kesehatan umum, salah satunya adalah infeksi gigi atau penyakit gusi yang tidak dapat menyebabkan masalah serius seperti penyakit jantung, diabetes, dan gangguan pernafasan.

 

  • Ketahui kehilangan gigi dan penyebabnya

Penyebab utama kehilangan gigi pada lansia dan bisa disebabkanoleh beberapa faktor , termasuk pada kerusakan gigi akibat karies dan penyakit periodontal atau peyakit gusi.

 

Pencegahan yang dapat dilakukan pada gigi lansia adalah :

 

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Menyikay gigi secara teratur 2 kali sehari pada pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur atau pada kasus yang tidak lagi memiliki gigi yaitu dengan cara membersihkan gusi menggunakan kain kasa secara halus dan lembut.

 

2. Pola makan yang sehat

Menghindari makanan dengan kandungan gula yang belebihan yang dapat merusak gigi, terlebih memilih makanan yang sehat guna menjaga serta memperkuat gigi.

 

3. Pemilihan makanan yang tepat

Lansia haruslah memilih makanan yang mudah dikunyah dan dicerna. Pilihla makanan yang tepat, yang dapat membantu menjaga kesehtan serta mnghindari masalah perncernaan dan permasalahan lainya dengan asupan gizi yang memadai.

 

4. Pemeriksaan gigi rutin

Rutin melakuka konsultasi mengenai permasahan seputaran kesehatan gigi dan mulut bersama dokter gigi atau puskesmas setidaknya 6 bulan sekali guna mendeteksi permasalahan sejak dini. Dental police adalah klinik gigi yang tepat unutk melakukan perawatan gigi dan mulut, karena dental police merupakan salah satu klinik terbaik yang ada di kota medan dengan menggunakan peralatan yang sudah High-Tech dan ditangani oleh dokter ahli yang berkompeten serta berpengalaman di bidangnya.


untuk informasi lebih lanjut silahkan klik link dibawah ini


 

 

 

 

 

8 views0 comments

Opmerkingen


bottom of page