top of page
Search
Writer's picturedental police

Sadari! Berikut kebiasaan yang dapat merusak Gigi



Menjaga kesehatan diri haruslah menjadi sebuah kewajiban, khusunya mulut dan gigi yang merupakan karunia tuhan yang diciptakan, selain kegunaannya untuk mengunyah makanan,membantumu berbicara dengan jelas, gigi juga merupakan faktor pendukung yang dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang terutama pada saat berinteraksi, ataupun memberikan senyuman kepada orang sekitar.

Dibalik hal tersebut, mungkin masi banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari dapat merusak kondisi kesehatan gigi anda, yang dampaknya mungkin tidak langsung terjadi pada saat itu juga, namun kerusakan tersebut dapat timbul dalam beberapa waktu kedepan baik dalam hitungan bulan ataupun tahun.

 

Apa saja sih kebiasaan tersebut?  Baca terus untuk hal kelanjutanya!

Kebiasaan buruk yang dapat merusak Gigimu

 

  • Membuka sesuatu benda dengan menggunakan gigi

Membuka tutup botol baik kemasan kaca ataupun plastik dengan menggunakan mulut atau gigi merupakan hal yang salah, kebiasaan ini dapat merusak kesehatan gigi anda.

 

  • Menguyah es batu

Sensasi dingin dan suara yang ditimbulkan pada saat mengguyah es batu mungkin terasa menyenangkan, namun kebiasaan tersebut dapat merusak kesehatan gigi hyang menyebabkan gigi patah.

 

  • Menggosok gigi terlalu keras

Hindari penggunaan sikat gigi dengan pergerakan yang begitu keras, hal tersebut dapat menghilangkan  enamel pelindung gigi secara permanen, seiring berjalannya waktu,  gigi menjadi lebih sensitif, sehingga dapat membentuk lubang, dan bahkan dapat  menyebabkan penurunan pada gusi.

 

  • Menggigit pensil atau kuku

Kebiasaan ini sering dilakukan bagi semua orang, pasalnya hal tersebut dilakukan tanpa sadar dan secara spontan, hal ini jug adapat meneyebabkan kerusakan gigi.


  • Mengeratakan gigi

Mengeretakan gigi biasanya dilakukan tanpa sadar yakni pada saat tertidur yang dikenal dengan istilah Bruxism, hal tersebut dapat mengakibatkan gigi menjadi rata sehingga keestetikaan pada gigi menjadi berkurang.


  • Menusuk celah gigi terlalu keras dengan menggunakan tusuk gigi

Penggunaan tusuk gigi kerap dilakukan setiap orang pada saat selesai melakukan aktivitas menkonsumsi makanan, penggunan tusuk gigi yang tidak benar dapat mengakibatkan masalah pada gigi yaitu pendarahan pada gusi serta dapat menimbulkan celah pada gigi.

 

  • Menghisap jari

Pada umunya hal ini kerab dilakukan oleh anak-anak, pasalnya jika dilakukan secara terus menerus dapat menimbulkan perubahan permanen khusunya pada struktur gigi dan rahang.

 

  • Menggunakan tindik lidah atau piercing

Tidak sedikit orang mungkin menggunakan tindik lidah atau piercing, selain menjadi salah satu trendy style, hal tersebut sah sah saja. Namun yang menjadi permasalahanya yaitu logam di dalam mulut merupakan tempat sempurnanya bakteri berkembang, selain itu tindik lida atau piercing sering dimainkan dengan cara digigit atau mehentakan ke gigi di segala arah, yang dapat menyebabkan gigi dapat patah.

 

  • Malas melakukan perawatan ke dokter gigi

Sebagian orang mungkin akan sadar pergi ke dokter gigi setelah adanya keluhan yang di rasakan, padahal dalam melakukan perawatan ke dokter gigi tidak harus munculnya keluhan, pasalnya mencegah lebih baik dari pada mengobati. Efisienya melakukan pemeriksaa perawatan gigi yakni minimal 6 bulan sekali dengan dilakukanya perawatan gigi secara teratur akan memberi kesehatan yang optimal.


Maka dari itu, segera jadwalkan janji bersama Dental Police yang merupakan klinik terbaik yang ada di kota medan dan sudah menggunakan High-Tech serta dokter ahli yang berkompeten di bidangnya.

untuk informasi lebih lanjut silahkan klik link dibawah ini

 

17 views0 comments

Comments


bottom of page