Sakit gigi berkepanjangan menganggu aktivitasmu ? Berikut solusinya

Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang wajib kita lakukan, bahkan sedari kecil sudah di terapkan oleh ayah dan ibu, tetapi hal tersebut kerap tidak menjadi perhatian utama, akibatnya berbagai masalah gigi dapat timbul, salah satunya yaitu sakit gigi yang tak kunjung membaik.

Pada umumnya sakit gigi yang di alami seseorang dapat diatasi dengan melakukan pengobatan secara mandiri dirumah. Namun jika rasa sakit tak kunjung membaik, bahkan semakin memburuk, sudah pasti hal tersebut sangat membutuhkan upaya extra untuk mengatasinya.

Jika merasakan sakit gigi yang tak kunjung membaik, apakah berbahaya ?

Sakit gigi pada umumnya tergolong sebagai gangguan kesehatan yang tidak begitu serius dan berbahaya. Tetapi rasa sakit yang muncul kerap menimbulkan efek yang sangat buruk, sehingga menganggu serta membuat seseorang tidak merasa nyaman terutama dalam melakukan suatu aktivitas.

Perlu anda ketahui, rasa sakit yang muncul mungkin merupakan suatu respon tubuh, terutama pada gigi. Hal ini menandakan bahwasannya kondisi gigi seseorang sedang tidak dalam keadaan baik. jika rasa sakit tidak kunjung membaik dalam jangka beberapa waktu, hal tersebut mungkin merupakan tanda dari terjadinya infeksi gigi.

Infeksi gigi terjadi dikarenakan lapisan email pada gigi mengalami kerusakan, dan bagian dalam gigi atau Pulpa dipenuhi dengan bakteri mulut yang dimana bagian dalam gigi sangat dipenuhi saraf kecil dan pembulu darah, sehingga ketika terinfeksi akan menimbulkan rasa sakit yang berkepanjangan apabila tidak di tangani dengan baik.

Gejala utama sakit gigi adalah rasa sakit yang begitu tajam dan tidak nyaman yang bersumber dari gigi. Adapun tanda dan gejala sakit gigi yang tak kunjung sembuh yang mungkin diakibatkan oleh infeksi gigi antara lain:

• Gigi menjadi sangat sensitif terhadap makanan panas, dingin, manis atau asam

• Pembengkakan pada wajah, rahang, gusi atau sekitar lainya

• Benjolan atau Abses pada gusi yang mengandung nanah

• Rasa sakit pad kepala

• Rasa sakit pada telinga

Penyebab sakit gigi yang tak kunjung sembuh

Seperti yang diuraikan sebelumnya rasa sakit pada gigi yang tak kunjung sembuh jika terjadi infeksi. Adapun faktor pemicu ini sebagai berikut :

• Gigi patah

• Tambalan gigi yang rusak

• Tidak segera mengobati gigi yang bermasalah

• Makanan yang terselip dibagian gigi

• Jarang menyikat gigi

Pengobatan pada gigi yang tak kunjung sembuh tergantung pada penyebabnya, dokter mungkin akan melakukan tindakan PSA (perawatan saluran akar )atau root canal untuk mengangkat pulpa yang terinfeksi guna mencegah terjadinya masalah lanjutan yang jauh lebih parah, adapun cara lain adalah :

• Pemberian antibiotik untuk mengobati infeksi. Antibiotik juga bisa diberikan sebelum atau sesudah PSA (perawatan saluran akar)

• Pencabutan gigi, hal ini akan dilakukan apabila gigi sudah tidak dapat dilakukan perbaikan apabila infeksi gigi telah menhgancurkan bentuk, struktur gigi, akar, pulpa, dan setelah dilakukanya pencabutan, dokter mungkin akan menyarankan untuk pemasangan implant guna mencegah kerusakan rahang

• Mengeluarkan abses atau nanah dengan cara membuat sayatan kecil pada jaringan lunak atau gusi

Sebagian besar masalah pada gigi dapat dicegah dan dihindari dengan selalu menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi dengan cara :

• Rutin menyikat gigi pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

• Melakukan Flossing gigi

• Menggunakan cairan pembersih gigi atau mouthwash

• Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi

Jangan pernah menunda untui datang ke dokter gigi, saat merasakan sakit yang tak kunjung sembuh. Segera lakukan periksakan ke Dental police.

Bila mengalami kondisi sakit yang berkepanjangan, rasa sakit yang begitu menganggu, mulut terasa sakit pada saat dibuka, pembengkakan disekitaran wajah, hingga menimbulkan demam.

Dental police merupakan klinik terbaik di kota medan yang sudah menggunakan High-Tech serta penanganan dilakukan oleh dokter ahli dan berkompeten di bidangnya.