top of page
Search
Writer's picturedental police

Tips menjaga kesehatan Gigi dan Mulut untuk Perokok




Kebiasaan merokok kerab mengundang berbagai masalah pada kesehatan, salah satunya yaitu kesehatan gigi dan mulut. Namun dengan berhentik merokok bukanlah hal yang sangat mudah untuk dilakukan apalagi pecandu rokok berat yang aktif. Oleh karena itu, paling tidak perokok aktif haruslah melakukan beberapa penerapkan upaya extra dalam merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.


Berbagai studi telah membuktikan bahwa pecandu rokok aktif memiliki resiko dua kali lebih besar mengalami penyakit gusi dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, salah satu penyebabnya adalah kandungan yang terdapat pada rokok bisa menghambat aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen menuju gusi sehingga jaringan gigi dan gusi mudah meradang dan terkena infeksi.


Merokok juga dapat menyebabkan plak gigi lebih mudah untuk terbentuk.

serta dapat menyebabkan beragam permasalahan kesehatan tubuh termasuk permasalahan gigi dan mulut lainya seperti :


  • Gigi berlubang

  • Radang gusi atau gingivitis

  • Gigi menguning

  • Mulut kering

  • Bau mulut

 

Jika anda merupakan pecandu rokok aktif, hal utama yang harus anda lakukan yaitu dengan melakukan beberapa tips guna untuk menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut.


Berikut 7 tips yang dapat kamu terapkan yaitu :

 

1. Rutin menyukat gigi dan membersihkan lidah

Dengan menyikat gigi 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gig yang memiliki kandungan pemutih gigi seperti Fluoride yaitu di pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur menyeluruh guna membersihkan zat nikotin yang terkandung pada rokok yang menetap di gigi dan mulut sefta melakukan pemebersihan lidah dengan menggunakan alat khusus.

 

2. Menggunakan benang gigi atau dental floss

Dengan merokok secara terus menerus dapat meneyebabkan penumpukan serta pembentukan plak dan karang gigi maka dari itu sangat dianjurkan untuk melakukan flossing atau pemebersihan menggunakan benang gigi. Tujuanya yaitu membersihkan sela bagian terdalam pada gigi yang tidak dapat di gapai oleh sikat gigi.

 

3. Menggunkan obat kumur atau mouthwash

Selain dapat membangtu membersihkan sisa makanan paad gigi dan mulut, penggunaan obat kumur atau mouthwash dapat membuat nafas menjadi lebih segar, agar bau rokok pada mulut dapat hilang.

 

4. Membatasi jumlah rokok

Kebiasaan merokok aktif atau pecandu berat tentunya sangat sulit unutuk meninggalkan kebiasaan yang telah sering dilakukan, namun untuk membantu meningalkan kebiasaan buruk tersebut haruslah dilakukan prinsip membatasi kebiasaan dengan melakukan pengurangan jumlah terhadap penggunaan rokok.

 

5. Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan maknan yang kaya serat serta air, yang di mana dapat meningkatkan jumlah produksi air liur pada mulut guna mencega bau mulut yang tidak sedap akibat rokok.

 

6. Perbanyak meminum air putih

Selain rokok, kekurangan cairan akibat kurangnya meminum air putih juga dapat membuat mulut menjadi kering sehingga kadar air liur pada mulut berkurang dan membuat asam pada mulut semakin meningkat yang menyebabkan nafas menjadi tidak sedap.

 

7. Rutin melakukan perawatan ke dokter gigi

Selain melakukan perawatan mandiri dirumah, haruslah melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, hal itu bertujuan agar pecandu rokok dapat menegetahui mengenai permasalahan yang terjadi pada gigi dan mulut anda

 

DENTAL POLICE https://www.dentalpolice.com/blogmerupakan rekomendasi klinik yang dapat membantu anda dalam menanganai semua permasalahan yang ada pada gigi dan mulut, dentapolice merupakan salah satu klinik terbaik di kota medan yang sudah menggunkan peralatan High-Tech serta ditangani dengan dokter ahli yang berkompeten di bidangnya.


untuk informasi lebih lanjut silahkan klik link dibawah ini


 

8 views0 comments

Comments


bottom of page